LIKEIN, BALI – Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Taman Nasional Lore Lindu, Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala berkolaborasi mengikuti International Tourism Investment Forum (ITIF) 2023 di hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Kamis (27/7/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu berlangsung sejak Rabu hinga kamis, yakni 26 hingga 27 Juli 2023 di Bali dalam rangka mendorong pertumbuhan Investasi sektor pariwisata di Indonesia.

Acara tersebut merupakan forum investasi skala internasional yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan kepariwisataan dunia, investor, manajer destinasi dan pemilik proyek pariwisata melalui kegiatan konferensi, pameran dan pertemuan bisnis.

Kepala Dinas Pariwisata Sulteng, Diah Agustuningsih mengungkapkan sebagai satu-satunya Pemerintah Daerah yang menjadi exhibitor dalam kegiatan itu, pihaknya beruntung mendapat kesempatan untuk memaparkan peta potensi pariwisata yang ada di Sulteng.

“Dinas Pariwisata Sulteng mengusung dan mengundang Pelaku jasa akomodasi, Tranportasi, jasa Atraksi dan wisata adventure untuk berinvestasi di Sulteng khususnya di wilayah prioritas Sulteng,” ungkap Diah.

Sejumlah kawasan pariwisata unggulan Sulteng diantaranya kawasan wisata Historis dan Heritage Negeri Seribu Megalith, kawasan wisata Bahari di kepulauan Togean dan kota Sunset Donggala.

Diah juga mengatakan dirinya mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dalam acara roundtable untuk memaparkan beragam potensi wisata di Sulteng.

“10 exhibitors terkurasi yang dapat kesempatan paparan. Yang dipaparkan adalah potensi investasi di kawasan Negeri seribu Megalith serta di zona pemanfaatan TNLL dan Sunset City di Kabupaten Donggala,” tutupnya.

Sumber : PPID Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah