Bali - Rabu (26/07/2023). – Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, berpartisipasi pada kegiatan International Tourism Invesment Forum ITIF (2023) di Hotel Merusaka Nusa Dua Bali. Pada kesempatan ini Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah menawarkan kepada para investor untuk berinvestasi di Sulawesi Tengah “Negeri Seribu Megalith”, sebab Sulawesi Tengah mempunyai Ekonomi Kreatif yang unik dan Patung Megalith yang mempunyai daya tarik historikal kepada investor mancanegara.

Kejar target pencapaian 4.4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno menawarkan investasi hijau ke[ada 355 investor. Tawaran yang disampaikan dalam International Tourism Invesment Forum (ITIF) 2023 sejalan dengan konsep ekonomi hijau dalam pariwisata era baru. “Kita mengharapkan bahwa pariwisata era baru ini, selain lebih berkualitas dan berkelanjutan juga membuka lapangan kerja yang luas dengan target 4.4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” ungkap Sandiaga Uno.

Lewat investasi hijau yang berkelanjutan, dirinya optimis ekonomi hijau yang menjadi masa depan Indonesia akan tercapai. Sejalan dengan ekonomi hijau, Sandiaga Uno berharap kondisi politik bangsa sepanjang kontestasi demokrasi 2024 dapat berlangsung sejuk dan kondusif. Sehingga iklim investasi nasional terjaga, pembangunan dipercepat dan bonus demografi tahun 2030 dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Pelaksanaan kegiatan International Tourism Invesment Forum 2023 di Bali bertujuan untuk menjadi sebuah wadah diskusi para pemangku kepentingan terkait peluang dalam penerapan investasi hijau untuk mendorong pembangunan pariwisata berkelanjutan secara global, terutama di Indonesia, serta memperkenalkan peluang investasi yang ada pada kawasan/proyek pariwisata sehingga dapat mempercepat investasi dan dukungan pembiayaan dalam pembangunan kawasan. Kegiatan International Tourism Invesment Forum 2023 terbagi menjadi 3 kegiatan utama, yaitu :

  • Forum diskusi, terbagi dalam 3 sesi utama dan 1 sesi khusus yang akan diisi oleh para narasumber dan seorang moderator;
  • Pameran proyek investasi dan B2B meeting;
  • Kunjungan lapangan, aktivitas ini akan dilakukan dengan penjadwalan dan kesepakatan antara para pemilik proyek dan potensial investor

Sumber : PPID Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah