Palu – Minggu (30/04/2023). – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd serta beberapa pejabat lingkup Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah dan lingkup Pemerintah Provinsi/Kota menghadiri Kegiatan Haul Guru Tua Festival Raodhah 2023 yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Religi Kompleks Alkhairaat Jl. Sis Aljufri - Kota Palu. Kegiatan Haul Guru Tua Festival Raodhah 2023 akan dilaksanakan pada 9 – 12 Syawal 1444 H / 30 April – 03 Mei 2023.

Haul Guru Tua Festival Raodhah 2023 merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebelum puncak pelaksanaan Haul Guru Tua yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar Alkhairaat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno “Festival ini merupakan acara yang sangat baik dikarenakan Guru Tua merupakan tokoh yang berjasa dalam memajukan pendidikan serta menyebarkan kebudayaan islam di Sulawesi Tengah.” Ungkap sambutannya secara virtual.

Dalam kesempatan ini juga Wali Kota Palu berharap pemerintah pusat dapat menerapkan Habib Sayid Idrus bin Salim Aljufri sebagai tokoh nasional. “Kami mengharapkan dan terus berupaya mendorong agar pemerintah pusat dapat. Membuka pandangan untuk menetapkan Habib Sayid Idrus bin Salim Aljufri sebagai Tokoh Nasional.” Ujar Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid. Sementara itu Anggota DPR – RI Sulawesi Tengah, Sakinah Aljufri mengharapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan Haul Guru Tua Festival Raodhah 2023 agar dapat menjadi salah satu tujuan wisata nasional. 

Haul Guru Tua Festival Raodhah merupakan event tahunan yang menjadi bagian dari peringatan Haul Pendiri Alkhairaat Guru Tua untuk mengingat jasa-jasa ulama besar dalam pendidikan serta penyebaran kebudayaan islam di Sulawesi Tengah. Haul Guru Tua Festival Raodhah dilaksanakan pada awal Bulan Syawal.

 

Sumber : PPID Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah